Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Jepang dalam Mempelajari Tulisan Kanji dengan Menggunakan Augmented Reality (Studi Kasus: Kelas Bahasa Jepang FTI-UKSW)
Main Author: | Ardita Ulfiani, Riezqi |
---|---|
Other Authors: | Sinatra Wijaya, Lina, Prestiliano, Jasson |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Teknik Informatika FTI-UKSW
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/3863 |
Daftar Isi:
- Media pembelajaran sangatlah penting untuk membantu maupun menunjang proses pembelajaran, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal. Bahasa yang baik akan menghasilkan suatu komunikasi yang baik pula. Bahasa Jepang merupakan bahasa asing yang sedang diminati di Indonesia. Kanji adalah tulisan baku yang digunakan di negara Jepang. Kendala yang sering dihadapi dalam mempelajari bahasa Jepang adalah tulisan Kanji. Oleh karena itu, dibuatlah suatu pembelajaran bahasa Jepang khususnya tulisan Kanji dengan menggunakan aplikasi Augmented Reality. Penelitian ini menggunakan metode prototype yang membuat pengembang perangkat lunak tidak harus merancang semuanya dari awal karena metode tersebut mengelola kembali kebutuhan perangkat lunak untuk dikembangkan. Aplikasi ini menggunakan Augmented Reality yang menampilkan bentuk 3D untuk pembelajarannya. Pembelajaran secara visual lebih baik dibanding hanya lisan maupun tulisan. Melalui aplikasi ini pengguna dapat lebih memahami dalam mempelajari tulisan Kanji secara optimal.
- Instructional media is very important to help and support the process of learning, so that learning objectives can be achieved optimally. Good language will produce a good communication too. Japanese is a foreign language that is in demand in Indonesia. Kanji is a standard writing used in Japan. Obstacles often encountered in studying Japanese is the Kanji. Therefore, they invented a particular learning program for studying Japanese Kanji using Augmented Reality applications. This study uses a prototype method that makes software developers do not have to design everything from scratch because the method will manage back the needs of the software to be developed. This app uses Augmented Reality ARToolkit which displays 3D forms for the learning. Visual learning is better than just oral and written learning. Through this application the users can be better in understanding the optimal learning of the Kanji.