Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Metode Demonstrasi dan Pemanfaatan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas 4 Semester II SDN Sumogawe 03 Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | Arianto, Adhi |
---|---|
Other Authors: | Khristiana RS., Deasy |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/3825 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 4 SDN Sumogawe 03 karena melihat rendahnya hasil belajar IPA serta metode mengajar guru yang konvensional yaitu ceramah. Rata-rata hasil belajar saat ulangan IPA adalah 49 hanya 11 siswa yang mencapai ketuntasan serta18 siswa belum tuntas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan metode Demonstrasi dan pemanfaatan media Audio Visual pada siswa kelas 4 SDN Sumogawe 03. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus serta menggunakan model spiral dari Kemmis dan Targgart.Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan observasi, refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Sumogawe 03 Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang , 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Sedangkan teknik analisis data adalah analisis diskriptif komparatif hasil belajar prasiklus,siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode Demonstrasi dan pemanfaatan media Audio Visual adalah meningkatnya hasil belajar IPA pada siswa kelas 4 SDN Sumogawe 03. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil belajar prasiklus menunjukkan dari 29 siswa hanya 11 siswa tuntas (37%) dan 18 siswa belum tuntas (63), hasil belajar pada siklus I meningkat, dari 29 siswa 21 siswa yang tuntas (72%) dan 8 siswa yang belum tuntas (28%). Hasil belajar pada siklus II meningkat dari 29 siswa dan mencapai ketuntasan hasil belajar (100%). Dengan adanya penelitian ini diharapkan guru menggunakan metode demonstrasi dan memanfaatkan media audio visual dalam pembelajaran IPA agar hasil belajar siswa meningkat.