Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD Negeri Plumutan Kecamatan Bancak Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: Mujiyati
Other Authors: Wasitohadi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/3806
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu kegiatan pembelajaran di SD Negeri Plumutan masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Strategi pembelajaran yang digunakan guru kurang kreatif dan inovatifsehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional dan mengetahui apakah hasil belajar siswakelas 4 SD yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik dibandingkan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimen Research. Desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group dan teknik pengambilan sampel adalah teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis uji beda (uji t) dengan bantuan program penghitungan statistik Statistical Product And Service Solution(SPSS) 18.0 for Windows. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas 4 SD Negeri Plumutan Kecamatan Bancak. Berdasarkan hasil analisis data Independent SamplesTest didapat t hitung sebesar 3.541 > t tabel sebesar 2.006 dengan signifikansi sebesar 0.001 < 0.05. Berdasarkan hasil tersebut maka diambil keputusan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, rata-rata hasil belajar matematika kelas 4 yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dibandingkan siswa yang diajar menggunakan model konvensional. Hal tersebut dapat dilihat pada rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 79,29 dan kelas kontrol 63,33. Dari hasil penelitian tersebutdisarankan guru lebih mengembangkan keterampilan kooperatif siswa untuk bekerjasama dalam kehidupan bermasyarakat. Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together perlu dikembangkan terus dan diterapkan dalam setiap proses pembelajaran dengan pokok bahasan dan mata pelajaran yang lain dan perlu adanya pengembangan lebih lanjut dari penelitian ini. Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas