Upaya Meningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Menggunakan Metode Pemberian Tugas dengan Media Video Siswa Kelas 6 SD Negeri 01 Ngadisepi Temanggung Semester 2 Tahun 2012/2013

Main Author: Khusna, Ethika
Other Authors: Sumiyarso
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/3800
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian adalah hasil belajar siswa mata pelajaran IPA banyak yang nilainya kurang dari KKM, hal ini dikarenakan guru terbiasa menggunakan metode konvensional sehingga siswa jenuh dalam pembelajaran, salah satu cara agar siswa mampu belajar dengan bermakna adalah menggunakan metode pemberian tugas dan media video. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode pemberian tugas dengan media video pada pembelajaran IPA materi “Sistem Tata Suryaâ€� siswa kelas 6 Semester 2 SD Negeri 01 Ngadisepi kecamatan gemawang Kabupaten Temanggung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model spiral dari Kemmis dan Mc Taggart dengan jenis PTK kolaboratif, yaitu guru kelas sebagai pelaku implementasi RPP, sedangkan peneliti bertindak sebagai perancang RPP dan pengamat pembelajaran. Variabel penelitian adalah hasil belajar, metode pemberian tugas dan media video. Teknik pengumpulan data berupa hasil tes formatif tiap siklus, dengan instrumen penelitian menggunakan butir-butir soal. Teknik yang digunakan adalah deskriptif komparatif yaitu perbandingan ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh berupa hasil belajar siswa mencapai KKM (> 70) sebanyak 11 siswa dengan persentase 52,38% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 10 siswa dengan persentase 47,62%. Pada pelaksanaan siklus 1 siswa yang sudah tuntas sebanyak 16 siswa dengan persentase 76,19% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 5 siswa dengan persentase 23,81%. Pada pelaksanaan siklus 2 jumlah siswa yang sudah tuntas meningkat sebanyak 19 siswa dengan persentase 90,48% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 2 siswa dengan persentase 9,52%. Bedasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pemberian tugas dengan media video dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 6 SD N 01 Ngadisepi semester 2 tahun 2012/1013. Dari hasil penelitian tersebut, disarankan dalam implementasi pembelajaran di sekolah dapat menggunakan metode pemberian tugas dengan media video untuk meningkatkan hasil belajar siswa.