Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Paikem Gembrot pada Siswa Kelas 5 SD Negeri 1 Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | Widiyanti, Triyas |
---|---|
Other Authors: | Wahyudi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/3787 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah matematika merupakan matapelajaran yang sulit ditambah guru masih menerapkan pembelajaran yang konvensional sehingga berdampak motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa rendah. Untuk memecahkan masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas ini maka diterapkan pembelajaran PAIKEM GEMBROT. Pembelajaran PAIKEM GEMBROT merupakan salah satu pembelajaran yang berpusat pada siswa (student center) dimana pembelajaran memberikan peluang siswa untuk aktif dan berorientasi pada kebutuhan dan tahap perkembangan anak dalam suasana yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar matematika serta mengetahui penerapan pembelajaran PAIKEM GEMBROT dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas 5 SDN 1 Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora Semester 2 tahun pelajaran 2012/2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri 1 Ledok yang berjumlah 22 siswa. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu 75% dari seluruh siswa memiliki motivasi dalam kategori tinggi dan mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum yaitu 65. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 pertemuan yang setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kualitatif dan kuantitatif kemudian hasil data tersebut dianalisis menggunakaan teknik analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan antar siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran PAIKEM GEMBROT dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa. Peningkatan motivasi belajar pada kategori tinggi Pra Siklus ke Siklus I sebesar 36,36%, Siklus I ke Siklus II 40,91%. Jadi peningkatan motivasi belajar Pra Siklus ke Siklus II sebesar 77,27%. Peningkatan ketuntasan hasil belajar matematika pada kondisi Pra Siklus ke Siklus I sebesar 36,36%, peningkatan ketuntasan belajar matematika Siklus I ke Siklus II 13,64%. Jadi peningkatan dari Prasiklus ke Siklus II sebesar 50%. Peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar matematika dapat dilaksanakan melalui beberapa tahap yaitu pendahuluan dengan apersepsi, penyampaian tujuan, penjelasan materi dengan metode-metode yang variatif, memberikan tantangan, membimbing dan mengarahkan dalam kegiatan belajar, memberikan media/sumber-sumber yang relevan, melibatkan siswa dalam setiap kegiatan belajar mengajar, serta memberikan evaluasi, penilaian dan refleksi.