Penggunaan Model Pembelajaran CTL untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 4 SDN Regunung 01 Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarangsemester Ii Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: Aries, Armi Maulani
Other Authors: Sulistyowati
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/3785
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) siswa kelas 4. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Regunung 01 Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 yang berjumlah 24 siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif dengan guru kelas yang dilakukan melalui dua siklus.Pada masing-masing siklus dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan.Data penelitian untuk minat belajar siswa diperoleh melalui angket minat belajar dan hasil belajar IPA diperoleh dari evaluasi. Peningkatan minat dapat dilihat dari peningkatan persentaseskor angka minat belajar siswa terhadap IPA yaitu sebesar 75. Pra siklus menunjukkan hanya 4 siswa atau 16,67 % dari seluruh siswa yang memiliki minat terhadap IPA sisanya sebanyak 20 siswa atau 83,33% kurang minat terhadap IPA. Pada siklus I siswa yang minat terhadap IPA sebanyak 13 siswa atau 54,17% sedangkan yang kurang minat terhadap IPA sebanyak 11 siswa atau 45,83%.Pada siklus II siswa yang minat terhadap IPA hanya sebanyak 23 siswa atau 95,83%. Sedangkan siswa yang kurang minat terhadap IPA sebanyak 1 siswa atau 4,17%. Peningkatan hasil belajar IPA ditunjukkan sebagai berikut:pada pra siklus siswa yang mencapaiKriteria Ketuntasan Minimal (KKM = 70) sebanyak 6 siswa atau 25,00% sedangkan yang belum mencapai KKM sebanyak 18 siswa atau 75,00%. Pada siklus I Siswa yang mencapai KKM 14 siswa atau 58,33% sedangkan yang belum dapat mencapai KKM sebanyak 10 siswa atau 41,67%.Pada pembelajaran siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 22 siswa atau 91,67% sedangkan yang belum dapat mencapai KKM sebanyak 2 siswa atau 8,33%. Berdasarkan data hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa jika dalam proses pembelajaran guru menggunakan model pembelajaran CTL, maka dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPA siswa kelas 4 SDN Regunung 01 Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang.