Peningkatan Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada Siswa Kelas 4 SD Negeri Ledok 04 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | Pamelang, Febrina Yuani |
---|---|
Other Authors: | Wahyudi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/3783 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar matematika melalui Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), mendeskripsikan penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dalam meningkatkan minat belajar dan hasil belajar matematika pada siswa kelas 4 SD Negeri Ledok 04 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah guru masih menggunakan metode konvensional dan tanpa ada kegiatan yang melibatkan siswa. Sehingga siswa kurang tertarik atau minat belajar rendah. Rendahnya minat belajar dan kurangnya penguasaan siswa terhadap mata pelajaran matematika menyebabkan banyak siswa belum mencapai nilai KKM= 65 sehingga hasil belajar rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket, dan tes. Adapun instrument penelitiannya dengan lembar observasi, lembar angket, dan butir soal tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk menganalisis data hasil lembar observasi guru dan siswa dalam pembelajaran matematika realistik dengan cara reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan analisis data kuantitatif digunakan untuk menganalisis data hasil lembar angket minat belajar dan hasil belajar matematika dengan cara mengumpulkan data, menyajikan data, mengolah data, interpretasi data, dan membuat simpulan. Hasil pengolahan data dianalisis dengan deskriptif komparatif yaitu membandingkan kondisi antar siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan minat belajar dan hasil belajar matematika melalui Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Peningkatan minat belajar matematika dapat dilihat dari peningkatan persentase minat belajar pada kategori tinggi dan sangat tinggi, pada Pra Siklus sebesar 33,33%, pada Siklus I 75% dan pada Siklus II 91,67%. Sedangkan peningkatan hasil belajar matematika dapat dilihat dari persentase jumlah siswa yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM= 65), pada Pra Siklus sebesar 16,67%, pada Siklus I sebesar 58,33% dan pada Siklus II 91,67%. Peningkatan tersebut diperoleh melalui penerapan beberapa tahapan pembelajaran matematika realistic yaitu: memahami permasalahan kontekstual, menjelaskan permasalahan kontekstual, menyelesaikan permasalahan kontekstual, membandingkan dan mendiskusikan jawaban, dan menyimpulkan hasil diskusi.