Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Bumi dan Alam Semesta Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Bagi Siswa Kelas 5 Di SD Negeri Jogosuran 68 Kecamatan Pasarkliwon Surakarta Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | Indrajati, Dewi |
---|---|
Other Authors: | Sulistyowati |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/3776 |
Daftar Isi:
- Pembelajaran IPA di SD lebih sering menggunakan metode ceramah sehingga hasil belajar kurang maksimal. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah diakibatkan karena kebanyakan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar hanya datang, mengikuti ceramah guru, melihat guru menulis di papan tulis, lalu mengingat segala informasi yang diberikan oleh guru. Proses belajar mengajar guru hanya menggunakan metode pengajaran konvensional dengan metode ceramah dan tanya jawab, guru mendominasi pembicaraan dan berpaku pada buku paket. Untuk menanggulangi hal tersebut banyak konsep pembelajaran aktif yang ditawarkan, salah satunya adalah penerapan model pembelajaran TGT. Dengan menerapkan pembelajaran ini, diharapkan hasil belajar meningkat. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang bumi dan alam semesta bagi siswa kelas 5 SD Negeri Jogosuran 68 Kecamatan Pasarkliwon Surakarta Semester II tahun ajaran pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar IPA bagi siswa kelas 5 SD Negeri Jogosuran 68 Kecamatan Pasarkliwon Surakarta Semester II tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model yang digunakan adalah model spiral dari Kemmis, S dan Taggart, R dengan menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yakni 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan dan pengamatan, 3) refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas 5 SD Negeri Jogosuran 68 Kecamatan Pasarkliwon Surakarta sebanyak 44 siswa. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes (tes formatif) dan non tes (observasi). Instrumen penelitiannya menggunakan kisi-kisi soal, lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas 5 di SD Negeri Jogosuran 68 Surakarta dengan kompetensi dasar 7.4 Mendiskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Hal ini nampak dari hasil pada pra siklus yaitu rata-rata kelas sebesar 72,3 kemudian pada siklus I meningkat menjadi 74,81 dan pada siklus II meningkat menjadi 79,75 dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75. Adapun ketuntasan belajar pada pra siklus sebesar 36,40%, pada siklus I meningkat menjadi 68,18%, dan siklus II meningkat menjadi 93,18%.