Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Berbantuan Media Animasi pada Siswa Kelas 4 SD Negeri Pringapus 03 Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: Marwandari, Lia Luthfi
Other Authors: Wahyudi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/3771
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan bagi siswa kelas 4 SD Negeri Pringapus 03 Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang semester 2 tahun pelajaran 2012/2013 melalui penggunaan pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) berbantuan media animasi. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika masih banyak yang di bawah KKM 70. Hal itu dikarenakan guru masih menggunakan metode konvensional tanpa penggunaan media yang sesuai. Oleh sebab itu, peneliti berupaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT Berbantuan Media Animasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan yang terakhir refleksi. Data yang diperoleh meliputi data hasil belajar matematika meliputi nilai evaluasi siswa, data proses pembelajaran dari aktifitas guru dan siswa hasil pengamatan oleh observer. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil pra siklus, hasil siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) berbantuan media animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan di SD Negeri Pringapus 03 Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013. Hasil analisa data menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas dari 64 pada pra siklus menjadi 75 pada siklus I dan 84 pada siklus II. Jumlah siswa yang tuntas belajar meningkat dari 16 siswa atau 37% pada pra siklus menjadi 31 siswa atau 72% pada siklus I dan 43 siswa atau 100% siswa tuntas pada siklus II. Penelitian ini dianggap berhasil karena sudah mencapai indikator kinerja yaitu 80% siswa tuntas belajar.