Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 4 SD Negeri Tambahrejo 01 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Moharyani, W.Triatmi |
---|---|
Other Authors: | Sanoto, Herry, Sarwono, Ridha |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/3758 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas 4 dengan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture di SD Negeri Tambahrejo 01 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang semester I tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari dua siklus. Data siswa diperoleh dari data semester I tahun pelajaran 2013/2014 Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD Negeri Tambahrejo 01 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA meningkat setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture . Peningkatan dapat terlihat dari nilai rata-rata kelas dan yang pasti yaitu jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas KKM yaitu 70 atau dapat di lihat dari indikator ketuntasan yaitu sebesar 80%. Nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa dalam kondisi awal yaitu sebesar 62,pada, siklus I meningkat sebesar 5,27 menjadi 67,27 dan siklus II lebih meningkat lagi yaitu sebesar 10,06 menjadi 77,33. Jumlah siswa yang belum tuntas menurun, dan yang sudah tuntas meningkat. Pada kondisi awal ketuntasan hasil belajar IPA hanya 20,87%, pada siklus I naik menjadi 66,13%, dan pada siklus II naik lagi menjadi 86,64%. Berdasarkan dari hasil penelitian ini disarankan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture perlu disosialisasikan kepada guru dan diterapkan dalam pembelajaran IPA terutama untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan sebagai pengembangan diri sehingga dapat mengembangkan penelitian dalam ruang lingkup yang lebih luas.