Upaya Meningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Pendekatan Cooperative Learning Bagi Siswa Kelas V di SD Negeri Batiombo 02 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Budiman |
---|---|
Other Authors: | Sanoto, Herry, Sarwono, Ridha |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/3756 |
Daftar Isi:
- Dari data - data nilai ulangan harian kelas V semester I SD Negeri Batiombo 02 tahun pelajaran 2013/2014, siswa kelas V SD Negeri Batiombo 02 yang berjumlah 14 orang memiliki hasil belajar (nilai) yang masih rendah yaitu hanya ada 4 siswa (28,57%) yang mendapat nilai diatas KKM, dan yang mendapat nilai dibawah KKM 60 ada 10 siswa (71,43%). Hal ini terjadi karena guru belum menggunakan media pembelajaran dan metode pembelajaran yang relevan. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 2 siklus , yaitu siklus I dengan tiga pertemuan dan siklus II dengan tiga pertemuan. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi, Tehnik tes ini digunakan untuk melihat hasil tes awal dan data hasil belajar setelah tindakan. Data hasil observasi dianalisis dengan tehnik analisis diskriptif kualitatif dan data hasil tes dianalisis dengan analisis kuantitatif yaitu dengan menggunakan hasi tes awal, diskusi dan siklus 2, sedangkan tehnik observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan cooperative learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V semester I SD Negeri Batiombo 02 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal ini dibuktikan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Kondisi awal siswa yang tuntas 4 siswa (28,57%) dengan rata-rata 52,14, siklus I meningkat menjadi 7 siswa (50,00%) dengan rata-rata 57, 85, Siklus 2 meningkat menjadi 13 siswa (92,86%) dengan rata-rata 78,57. Penerapan dalam pengajaran IPA dengan menggunakan pendekatan cooperative learning dinyatakan dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa. Hal ini disebabkan penggunaan pendekatan cooperative learning dapat membuat siswa lebih aktif dan be lajar pun lebih menyenangkan serta kemandirian siswa meningkat, selain itu juga siswa lebih bisa menyerap materi pelajaran karena siswa dapat menemukan hal-hal yang baru.