Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Pembelajarandeep Dialogue Pada Siswa Kelas 4 SD Negeri Kalipancur 02 kec. Blado Kab. Batang Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014

Main Author: Sriyatno, Leonardus
Other Authors: Sarwono, Ridha, Sanoto, Herry
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/3748
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Pembelajaran Deep Dialogue Pada Siswa Kelas 4 SD Negeri Kalipancur 02 Kec. Blado Kab. Batang Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014â€� Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas 4 SD Negeri Kalipancur 02 tahun Pelajaran 2013/2014 dengan Metode Pembelajaran Deep Dialogue dengan Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dalam dua siklus. Tindakan kelas dilakukan dengan metode Deep Dialogue dan diakhiri dengan post-test pada setiap siklusnya. Pada siklus I pertemuan ke-1 sebesar 61,50, meningkat pada pertemuan ke-2 sebesar 68,25. pada siklus II meningkat dibandingkan nilai siklus I, yaitu rata-rata siklus II pertemuan ke-1 sebesar 77,00 dan meningkat pada pertemuan ke-2 sebesar 84,50. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi deep dialogue dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 4 SDN Kalipancur 02 tahun Pelajaran 2013/2014.