Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas IV SD Negeri Keputon 01 Kec. Blado Batang Semester 1 Tahun Pelajaran 2013-2014

Main Author: Sugiyarti, Sri
Other Authors: Sarwono, Ridha, Sanoto, Herry
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/3747
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ini ialah hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Keputon 01 hasilnya rendah. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes matematika 28 siswa kelas IV yang tuntas hanya 9 siswa (32%), dan tidak tuntas 19 siswa (68%) dengan nilai rata-rata kelas 53,75. Kondisi tersebut masih jauh dari yang diharapkan. Pembelajaran matematika dalam kurikulum KTSP kelas IV SD Negeri Keputon 01 dianggap tuntas apabila 75% siswanya mencapai nilai ≥ 70. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VI SD Negeri Keputon 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang Semester 1 tahun pelajaran 2013-2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau (classroom action research). Model PTK yang digunakan adalah model spiral dari Kemmis, S. dan Mc Taggart, R dengan menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yakni 1) perencanaan tindakan (planning), 2) pelaksanaan tindakan (action) dan pengamatan (observation), dan 3) refleksi (reflection). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Keputon 01 Blado Kabupaten Batang sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan teknik observasi. Adapun instrumen penelitiannya dengan menggunakan butir-butir soal dan lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif komparatif yang meliputi jumlah, mean, skor minimal-maksimal, persentase, membandingkan dan grafik/diagram.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VI SD Negeri Keputon 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang semester 1 Tahun Pelajaran 2013-2014. Hal ini dibuktikan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada kondisi awal siswa yang tuntas hanya 9 siswa (32%) dengan rata-rata 53,75 setelah dilakukan tindakan, pada siklus 1 ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 15 siswa (54%) dengan rata-rata 69,29. Siklus 2 ketuntasan belajar siswa meningkat 24 siswa (86%) dengan rata-rata 80,54 Saran dalam penelitian ini ialah guru dapat mencoba menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran di kelas, sehingga pelaksanaan pembelajaran lebih bermakna, dan dapat meningkatkan keaktifan siswa, dapat meningkatkan kerjasama dan toleransi serta dapat membangun kepercayaan diri pada siswa, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar matematika.