Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Inkuiri pada Siswa Kelas VI Semester I SD Negeri Bawang Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2013 / 2014
Main Author: | Pujiastuti, Sri |
---|---|
Other Authors: | Sarwono, Ridha, Sanoto, Herry |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/3745 |
Daftar Isi:
- Latar belakang penulis melaksanakan penelitian yang berjudul “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Matematika Melalui Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas VI Semester I SD Negeri Bawang Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2013 / 2014� adalah adanya beberapa masalah yang sering dihadapi guru antara lain : (1) Kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal Matematika masih rendah, (2) Kurangnya keberanian bertanya atau menanggapi pertanyaan, dan (3) Nilai rata-rata kelas untuk pelajaran Matematika 50,00. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat. Permasalahannya adalah apakah melalui metode Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar Matematika? Maka tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas enam SD melalui metode Inkuiri. Jenis Penelitian Tindakan Kelas ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Adapun untuk mencapai tujuan tersebut peneliti melaksanakan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun hasil dari penelitian tindakan kelas ini yaitu (a) Hasil belajar meningkat, sebelum diadakan tindakan siswa yang mencapai nilai ≥ KKM hanya 6 anak, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 10 anak dan pada Siklus II menjadi 24 anak. (b) Pada kegiatan belajar mengajar sudah mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan kerja sama dalam kelompok pada Siklus I sekitar 60% (masuk dalam kategori cukup), sedangkan pada siklus II naik menjadi 90 % (masuk dalam kategori sangat baik ). (b) Keberanian bertanya atau menanggapi pertanyaan pada Siklus I sekitar 60% (masuk dalam kategori cukup), dan pada siklus II naik menjadi 90 % ( masuk dalam kategori sangat baik ). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Penggunaan metode inkuiri meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas VI Semester I SD Negeri Bawang Kabupaten Batang pada pelajaran Matematika tahun pelajaran 2013 / 2014.