Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri Cokro Kecamatan Blado Kabupaten Batang Semester 1 Tahun 2013/2014

Main Author: Pratiningsih
Other Authors: Sarwono, Ridha, Sanoto, Herry
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/3743
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah nilai rata-rata kelas untuk mata pelajaran IPA pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya, dari 31 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan mendapat nilai 60 ke atas hanya 10 anak atau sekitar 32% dan 21 anak atau sekitar 68% mendapat nilai kurang dari nilai KKM yang sudah ditetapkan yaitu 60. Rata-rata nilai seluruh siswa hanya mencapai 51,45. Nilai tertinggi yang dicapai siswa 70 dan nilai terendah yang dicapai 35, rendahnya hasil belajar di SD Negeri Cokro disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu: (1) pandangan siswa yang masih holistik atau global pada obyek tertentu; (2) minat siswa masih sangat rendah; (3) kurangnya media yang tepat dan membuat siswa tertarik pada pembelajaran IPA; (4) guru yang tidak menerapkan Pendekatan pembelajaran yang inovatif, konstruktif, dan terkesan statis; (5) keadaan kelas yang sering kacau karena kenakalan dan sikap usil siswa lakilaki. Masalah yang dirumuskan sebagai berikut: “Apakah dengan penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya, bagi siswa kelas IV SD Negeri Cokro Kecamatan Blado Kabupaten Batang Semester 1 Tahun 2013/2014â€�. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau (classroom action research). Model PTK yang digunakan adalah model spiral dari Kemmis, S. dan Mc Taggart, R dengan menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yakni 1) perencanaan tindakan (planning), 2) pelaksanaan tindakan (action) dan pengamatan (observation), dan 3) refleksi (reflection). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Cokro Blado Kabupaten Batang sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan teknik observasi. Adapun instrumen penelitiannya dengan menggunakan butir-butir soal dan lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif komparatif yang meliputi jumlah, mean, skor minimal-maksimal, persentase, membandingkan dan grafik/diagram. Dari hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar IPA siswa tentang Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya setelah menggunakan model pembelajaran jigsaw. Hal ini nampak pada ketuntasan belajar yaitu 32%pada prasiklus, naik pada siklus I menjadi 58% serta 87% pada siklus II, dan skor rata-rata yakni pada kondisi pra siklus sebesar 51,40, siklus I naik menjadi 62,42 dan pada siklus II naik lagi menjadi 75,65. Implikasi penelitian adalah sebagai bahan pertimbangan guru untuk menerapkan model pembelajaran jigsaw pada pembelajaran IPA, sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dicapai sehingga hasil belajar siswa mencapai optimal. Bagi peneliti di bidang pembelajaran dan asesmen, dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan pengembangan penelitian lebih lanjut.