Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Padasiswa Kelas IV SDN Keputon 02 Semester I 2013/2014

Main Author: Sukardi
Other Authors: Sarwono, Ridha, Sanoto, Herry
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/3742
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika harus dicapai sesuai dengan KKM yang ditetapkan. Namun KKM yang ditetapkan > 70, yang sebenarnya penguasaan kompetensi yang dicapai tidak optimal. Oleh karena itu salah satu upaya untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa digunakan pendekatan Kooperatif tipe STAD, agar siswa mampu belajar secara mandiri melalui kerjasama kelompok dapat saling tukar gagasan melibatkan siswa dalam mengambil keputusan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV di SD Negeri Keputon 02 Kecamatan Blado Kabupaten Batang semester 1 tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research. Model PTK yang digunakan adalah model spiral dari Stephen Kemmisdan Robin Mc Taggart, dengan menggunakan 2 siklus, masing–masing siklus terdiri dari 3 tahap yakni .tahapan perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (acting) dan pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Keputon 02 Kecamatan Blado Kabupaten Batang dengan jumlah siswa 11. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Adapun instrument penelitiannya dengan menggunakan butir–butir soal dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif yang meliputi perbandingan rata-rata ,skor minimal, skor maksimal dan persentase antar siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa tentang Operasi hitung campuran dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD. Hal ini Nampak pada peningkatan rata-rata hasil belajar siswa prasiklus 52,72, siklus 1 naik menjadi 66,45 dan pada siklus ke 2 menjadi 75,45. Pada kondisi pra siklus skor minimal siswa 30, siklus pertama menjadi 50 dan pada siklus ke 2 skor minimal 60. Nampak ada peningkatan skor maksimal siswa yakni pada kondisi pra siklus 80, siklus 1 sebesar 80, siklus 2 sebesar 90. Nampak ada peningkatan ketuntasan belajar siswa pada kondisi pra siklus 36,36 %, siklusk e 1 sebesar 54,54 %, siklus ke 2 sebesar 90,90 %. Saran yang dapat diajukan adalah pendekatan kooperatif tipe STAD dapat digunakan sebagai alternative untuk meningkatkan hasil belajar siswa. .