Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaranthink Pair And Share pada Siswa Kelas 4 SD Negeri Blado 03 Kec. Blado Kab. Batang Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014

Main Author: Murniati
Other Authors: Sarwono, Ridha, Sanoto, Herry
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/3741
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Think Pair and Share Pada Siswa kelas 4 SD Negeri Blado 03 Kec. Blado Kab. Batang Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014â€� Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas 4 SD Negeri Blado 03 tahun Pelajaran 2013/2014 dengan Metode Pembelajaran Think Pair and Share dengan Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dalam dua siklus. Tindakan kelas dilakukan dengan metode Think Pair and Share dan diakhiri dengan post-test pada setiap siklusnya. pada siklus I pertemuan ke I, rata-ratanya adalah 63,10 dengan presentase ketuntasan siswa sebesar 31,82%, kemudian pada siklus I pertemuan ke II meningkat menjadi 67,05 dengan presentase ketuntasan sebesar 54,55%. Untuk lebih menyakinkan hasil yang diperoleh maka dilakukan tindakan kelas siklus II Setelah pada siklus I diadakan sesi untuk perbaikan, rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II pertemuan ke I adalah 73,64 dengan presentase ketuntasan sebesar 81,82 %, sedangkan pada pertemuan ke II menjadi 81,14 presentase ketuntasan sebesar 95,45 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi Think Pair and Share dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas 4 SD Negeri Blado 03 tahun Pelajaran 2013/2014.