Implementasi Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Negeri Gringgingsari Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Herawati, Anita |
---|---|
Other Authors: | Sumiyarso, Susiyanto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/3735 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah guru belum menerapkan pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif namun masih banyak menggunakan metode ceramah, sehingga hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri Gringgingsari belum mencapai nilai ketuntasan yang optimal. Masalah yang dirumuskan sebagai berikut: “ Apakah implementasi pendekatan pembelajaran STM dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas Vl SDN Gringgingsari ? “ Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research. Model PTK dengan menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yakni 1) perencanaan tindakan (planning), 2) pelaksanaan tindakan (action) dan pengamatan (observation), dan 3) refleksi (reflection). Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Gringgingsari Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan teknik observasi. Adapun instrument penelitiannya dengan menggunakan butir-butir soal dan lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif komparatif yang meliputi perbandingan, mean, dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar IPA siswa tentang Kegiatan-Kegiatan Manusia yang Mempengaruhi Keseimbangan Ekosistem, setelah menggunakan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat. Hal ini nampak pada perbandingan nilai rata-rata yakni pada kondisi pra siklus sebesar 58; pada siklus 1 naik menjadi 87 dan pada siklus 2 naik lagi menjadi 93. Adapun peningkatan persentasi hasil belajar klasikal pada kondisi pra siklus 40 %; siklus I naik menjadi 75% dan pada siklus II naik menjadi 90%. Saran bagi guru IPA hendaknya menerapkan sistem pendekatan yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan kelas terutama pendekatan STM, karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk itu guru perlu mengatur waktu dengan baik, menggunakan pendekatan yang sesuai serta menggunakan media dengan tepat.