Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ipa dengan Model Pembelajaran Cooperative Script pada Siswa Kelas IV Semester I SD Negeri Tombo 02 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2013/2014

Main Author: Sularsih, Ining
Other Authors: Sumiyarso, Susiyanto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/3732
Daftar Isi:
  • Di SDN Tombo 02 masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami IPA, dari 31 siswa yang tuntas 7 siswa atau 22,58 sedangkan yang tidak tuntas 24 siswa atau 77,41 % , kriteria ketuntasan yang ditetapkan dalam mata pelajaran IPA ≤ 80 % . Dalam proses pembelajaran, aktivitas belajar siswa masih rendah, maka perlu diterapkan pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa yaitu pendekatan Cooperative Script. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran Cooperative Script.dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV di SD Negeri Tombo 02 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang semester 1 tahun pelajaran 2013/2014. Rumusan masalah penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPA dengan pendekatan Cooperative Script. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research.Model PTK yang digunakan adalah model spiral dari Stephen Kemmis dan Robin Mc Taggart, dengan menggunakan 2 siklus, masing–masing siklus terdiri dari 3 tahap yakni .tahapan perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (acting) dan pengamatan (observation),dan refleksi (reflection).Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Tombo 02 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang dengan jumlah siswa 31.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi.Adapun instrumen penelitiannya dengan menggunakan butir–butir soal dan lembar observasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif yang meliputi perbandingan rata-rata ,skor minimal, skor maksimal dan persentase antar siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa tentang Panca Indra manusia dengan model pembelajaran Cooperative Script.Hal ini nampak pada peningkatan ratarata hasil belajar siswa pra siklus 50,96, siklus 1 naik menjadi 65,80 dan pada siklus ke 2 menjadi 74,51.Pada kondisi pra siklus skor minimal siswa 30,siklus pertama menjadi 50 dan pada siklus ke 2 skor minimal 50.Nampak ada peningkatan skor maksimal siswa yakni pada kondisi pra siklus 80,siklus 1 sebesar 80, siklus 2 sebesar 90.Nampak ada peningkatan ketuntasan belajar siswa pada kondisi pra siklus 22,58 %,siklus ke 1 sebesar 54,83 %,siklus ke 2 sebesar 87,09 %. Hasil penelitian ini menyarankan bahwa guru harus mengubah pembelajarannya menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan mendesain model pembelajaran Cooperative Script..