"Remediasi Kesalahan Siswa Tentang Bangun Ruang Kubus Dan Balok Dengan Menggunakan Metode Tutor Sebaya Kelas VIII SMP Pangudi Luhur Salatiga Tahun Ajaran 2012/2013"

Main Author: Puji Rahayu Yehana Mekel, Dwike
Other Authors: Ratu, Novisata, Wahyudi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/3645
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi dari kesalahan weakness in process skill yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal tentang kubus dan balok. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan remediasi dengan menggunakan metode tutor sebaya agar dapat memperbaiki kesalahan siswa tentang bangun ruang kubus dan balok kelas VIII SMP Pangudi Luhur Salatiga tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan desain penelitian “One Group Pre test-Pos test Designâ€�. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Pangudi Luhur Salatiga, dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik tes. Instrumen penelitian berupa 7 soal uraian. Teknik analisis data dibagi dalam 4 tahap, yaitu analisis hasil pre tes, analisis proses remediasi, analisis hasil pos tes, dan membandingkan hasil pre tes dan pos tes. Analisis hasil remediasi berdasarkan dari jawaban pertanyaan siswa pada pre tes, interaksi siswa yang terjadi pada saat remediasi dan dari soal latihan secara bertahap sampai tidak ditemukan lagi kesalahan yang diremediasi. Hasil penelitian ini diperoleh temuan sebagai berikut : pre tes yang dilaksanakan sebelum remediasi menunjukkan terjadi kesalahan weakness in process skill yaitu 77 kesalahan dengan prosentase 50%. Kesalahan tersebut antara lain kesalahan proses mengubah bentuk akar, kesalahan proses dalam menggunakan akar pada teorema phytagoras, kesalahan proses menggunakan teorema phytagoras, kesalahan dalam mengkuadratkan. Proses pembelajaran remediasi dilakukan dengan metode tutor sebaya dimana guru berperan sebagai fasilitator. Setelah proses pembelajaran remidiasi ini selesai dilanjutkan latihan-latihan. Latihan pertama masih ditemukan 37 kesalahan, latihan kedua ditemukan 12 kesalahan dan latihan ketiga tidak ditemukan lagi kesalahan weakness in process skill. Hasil pos tes menunjukan bahwa 100% siswa tidak melakukan kesalahan weakness in process skill sehingga dapat disimpulkan bahwa remediasi dengan menggunakan metode tutor sebaya dapat memperbaiki kesalahan weakness in process skill siswa dalam menyelesaikan soal tentang bangun ruang kubus dan balok.