"Penggunaan Alat Peraga Petak Persegi Satuan dalam mengukur Luas Daerah Persegi dan Persegi Panjang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Watuagung 01 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013"
Main Author: | Sofiyana, Amalia |
---|---|
Other Authors: | Sutriyono, Wahyudi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/3635 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan alat peraga petak persegi satuan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berisi alat penelitian yang meliputi empat tahap dimulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Empat tahapan tersebut membentuk satu siklus, penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Tehnik pengumpulan data dalam penalitian ini adalah tes dan observasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan : penggunaan alat peraga petak persegi satuan dalam mengukur luas daerah persegi dan persegi panjang dapat meningkatkan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD N Watuagung 01 Kecamatan Tuntang. hal ini dapat dilihat dari presentase kenaikan nilai matematika dari kondisi awal sampai siklus II. Pada kondisi awal siswa yang mendapat nilai di atas KKM (63) yaitu 4 siswa atau 20%. Pada siklus yang mendapat nilai diatas KKM (63) yaitu 17 siswa atau 85%, dan pada siklus II siswa yang mendapat nilai diatas KKM (65) yaitu 19 siswa atau 95% dari 20 siswa. Dari kondisi awal ke siklus I mengalami presentase kenaikan 65%, dari siklus I kemudian dilaksanakan siklus II mengalami presentase kenaikan 30%. Berdasarkan penelitian diatas hasil belajar siswa meningkat setelah diajar dengan menggunakan alat peraga petak persegi satuan.