Pengaruh Metode Diskusi Tipe Syndicate Group Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang Semester II Tahun Ajaran 2012/2013
Main Author: | Arini, Ayu |
---|---|
Other Authors: | Kriswandani, Budiono, Inawati |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/3633 |
Daftar Isi:
- Identifikasi latar belakang masalah dari penelitian ini adalah siswa belum terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran di kelas. Guru dalam menyampaian materi masih bersifat konvensional sehingga siswa merasa jenuh dan kurang fokus mengikuti pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Diskusi Tipe Syndicate Group terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang Semester II Tahun Ajaran 2012/2013. Desain eksperimen dalam penelitian ini menggunakan bentuk desain Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-C dan siswa kelas VII-G di SMP Negeri 1 Bergas tahun ajaran 2012/2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode Diskusi Tipe Syndicate Group terhadap keaktifan belajar siswa. Hal itu ditunjukkan dari rata-rata keaktifan belajar siswa yang mempunyai nilai signifikansi equal variances assumed 0,002 < 0,05. Rata-rata keaktifan belajar siswa kelas eksperimen yaitu 142,94 sedangkan pada kelas kontrol keaktifan belajar siswa yaitu 133,91. Perhitungan uji hipotesis, nilai t pada hasil belajar menunjukan nilai signifikansi equal variances assumed 0,237 > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh penggunaan metode Diskusi Tipe Syndicate Group terhadap hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen yaitu 78,97 sedangkan pada kelas kontrol hasil belajar siswa yaitu 74,50, terlihat rata-rata hasil belajar kelas ekperimen lebih baik dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar kelas kontrol.