Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is Teacher Here (Eth) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIIa SMP Kristen Satya Wacana Salatiga

Main Author: Prastiti, Devira
Other Authors: Kriswandani, Budiono, Inawati
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/3624
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is Teacher Here (ETH) terhadap minat dan hasil belajar siswa pada kelas VIIA SMP Kristen Satya Wacana Salatiga. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design. Objek penelitian ini adalah yaitu siswa kelas VII di SMP Kristen Satya Wacana Salatiga dan SMP Stella Matutina Salatiga dengan populasi sebanyak 216 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purpose sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 23 siswa kelas VIIA SMP Kristen Satya Wacana Salatiga sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan strategi pembelajaran aktif tipe ETH dan 29 siswa kelas VIIE SMP Stella Matutina Salatiga sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan uji beda ratarata untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe ETH terhadap minat dan hasil belar siswa. Berdasarkan uji beda rata-rata pada minat belajar matematika dengan menggunakan uji t-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan minat belajar matematika pada siswa kelas VIIA dengan siswa kelas VIIE, sehingga strategi pembelajaran aktif ETH berpengaruh terhadap minat belajar siswa kelas VIIA SMP Kristen Satya Wacana Salatiga. Hasil olah data dari uji beda rata-rata kedua kelas untuk hasil belajar matematika diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,035 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 82,52 lebih baik daripada kelas VIIE yaitu 73,31. Hal ini dapat diartikan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIIA yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe ETH dengan siswa kelas VIIE yang menggunakan pembelajaran konvensional, sehingga strategi pembelajaran aktif ETH berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIIA SMP Kristen Satya Wacana Salatiga. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran aktif tipe ETH berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIIA SMP Kristen Satya Wacana Salatiga.