Strategi Pemasaran Produk Frestea pada PT Coca-Cola Amatil Indonesia dalam Menghadapi Persaingan Produk Minuman Teh dalam Kemasan
Main Author: | Chandra, Galuh Swastika |
---|---|
Other Authors: | Sulistari Gundo, Entri |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP-UKSW
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/3600 |
Daftar Isi:
- Persaingan antara Coca-Cola dan Sosro dalam penjualan produk the kemasan menunjukkan dinamika pasar produk teh dalam kemasan yang begitu tinggi. PT Coca-Cola Indonesia telah memproduksi minuman Frestea dengan differensiasi pada rasa yaitu melati (jasmine) yang tidak dimiliki pada Teh Botol Sosro. Frestea harus memastikan bahwa strategi pemasaran yang telah ada sudah sesuai dengan kondisi persaingan yang sedang dihadapinya saat ini untuk dapat terus bertahan di pasaran. Salah satu upaya yang dilakukan untuk dapat bertahan di persaingan adalah unggul dalam pemasarannya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran produk Frestea yang diterapkan PT Coca-Cola Amatil Indonesia (Central Java) untuk menghadapi persaingan produk teh kemasan dalam bentuk botol selama ini dan bagaimana alternatif strategi pemasaran bagi PT Coca-Cola Amatil Indonesia (Central Java) untuk menghadapi persaingan produk teh kemasan dalam bentuk botol melalui pendekatan analisis SWOT. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penulis menganalisis strategi pemasaran yang digunakan oleh PT Coca-Cola Amatil Indonesia (Central Java) dalam memasarkan Frestea dengan menggunakan metode analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian, strategi pemasaran produk Frestea yang diterapkan PT Coca-Cola Amatil Indonesia (Central Java) untuk menghadapi persaingan produk teh kemasan dalam bentuk botol selama ini dengan memanfaatkan keunggulan bersaing, yaitu keunggulan lokasi yang strategis, promosi yang baik, layanan konsumen melalui Customer Service System (CSS) dan differensiasi produk menyebabkan Frestea terus mengalami peningkatan di dalam penjualannya. Hasil dari matriks IE menunjukkan bahwa pemasaran frestea PT Coca-Cola Amatil Indonesia (Central Java) berada pada posisi sel ke-5 (sel ke- 5 masuk dalam kategori jaga dan pelihara), strategi yang dapat digunakan adalah strategi pertumbuhan melalui integrasi horizontal. Hasil diagram SWOT menunjukkan bahwa pemasaran frestea PT Coca-Cola Amatil Indonesia (Central Java) berada pada posisi berada pada kuadran I, yaitu kuadran yang mendukung strategi agresif. Matriks SWOT yang telah disusun oleh peneliti mengindikasikan bahwa pihak manajemen pemasaran Frestea PT Coca Cola Bottling Indonesia Central Java harus mengembangkan alternatif rencana strategis dalam jangka pendek dan jangka panjang. Saran dalam penelitian ini adalah PT Coca-Cola Amatil Indonesia (Central Java) sebaiknya melakukan strategi integrasi horizontal yaitu dengan cara memperluas lini produk frestea dan saluran distribusinya ke wilayah-wilayah potensial lainnya secara intensif. PT Coca-Cola Amatil Indonesia (Central Java) juga sebaiknya melakukan strategi agresif pemasaran Frestea, yaitu strategi yang memungkinkan pihak manajemen pemasaran Frestea PT Coca-Cola Amatil Indonesia (Central Java) untuk mendayagunakan secara optimal keuntungan kompetitifnya dengan cara melaksanakan tindakan yang cukup agresif untuk mempertahankan dan merebut pangsa pasar yang baru.