Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Siswa Kelas 5 SDN Tiogo 01 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang, Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Authors: Paranso, Silverius Novie, Widiarto, Tri
Format: Article application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Widya Sari Press – Progdi Sejarah FKIP UKSW Salatiga , 2013
Subjects:
IPA
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/3255
Daftar Isi:
  • Widya Sari : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Sejarah dan Sosial Budaya. Vol. 15, no. 2 Mei 2013 p.157 -166
  • Penelitian ini dilaksanakan atas kenyataan ketuntasan belajar yang terjadi pada siswa kelas 5 SDN Tlogo 01 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Dari total 37 siswa, hanya 17 (45.9%) yang dinyatakan tuntas KKM yang ditetapkan sekolah dan 20 (54.1%) yang belum tuntas. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui upaya peningkatan hasil belajar IPA dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping pada siswa kelas 5 SDN Tlogo Kec Tuntang Kab Semarang semester II tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Variabel dalam penelitian ini adalah vaiabel bebas (model pembelajaran mind mapping) dan variabel terikat (hasil belajar IPA siswa). Teknik pengumpulan data yaitu mengamati kinerja guru dan aktivitas siswa berdasarkan pada lembar observasi, dan evaluasi melalui tes. Hasil data dianalisis dengan cara persentase untuk hasil belajar siswa (data kuantitatif) dan deskriptif untuk data kualitatif (hasil observasi kinerja guru dan aktivitas siswa dalam menerapkan pembelajaran mind mapping)