Penerapan Model Pembelajaran Assure Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI Sd Negeri 2 Bengle Kecamatan Wonosegoro - Boyolali

Main Author: Giarti, Sri
Format: Article application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi PGSD-FKIP Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/3192
Daftar Isi:
  • Scholaria : Jurnal llmiah Pendidikan Ke-SD-an. Vol. 2 No. 1, Januari 2012 : p.195 - 215
  • Masalah utama dalam penelitian ini adalah kurangnya minat belajar siswa dan rendahnya hasil belajar IPA. Adapun rumusan masalah dalam penelitian tindakan ini adalah: 1) Apakah model pembelajaran ASSURE dapat mengembangkan minat belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri 2 Bengle, Kecamatan Wonosegoro, Kabupaten Boyolali? 2) Apakah model pembelajaran assure dapat meningkatkan ketuntasan belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri 2 Bengle, Kecamatan Wonosegoro, Kabupaten Boyolali?. Model tindakan pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran ASSURE (Analyze Leaner, State Standars and Objacctives, Select Strategies, Technology, Media, and Materials, Utilize Technology, Media, and Material, Require Learner Participation, Evaluate and Revise). Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan minat belajar IPA dan meningkatkan ketuntasan belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri 2 Bengle, Kecamatan Wonosegoro, Kabupaten Boyolali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum perbaikan pembelajaran siswa yang tuntas KKM > 70 hanya 3 siswa dari 20 siswa (25%) dengan minat belajar sebesar 33 %, Pada pembelajaran siklus I siswa yang tuntas KKM hanya 5 siswa (83%) dengan minat belajar sebesar (50%), sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas KKM menjadi 10 siswa (100%) dengan minat belajar sebesar (83%). Adapun saran yang dibeikan adalah hendaknya guru dalam pembelajaran menggunakan pembelajaran yang bervariasi dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran ASSURE