Model Pembelajaran Just-In-Time Teaching(Jitt) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Smp Pada Materi Hukum Newton
Main Author: | Solikhin, Jayus Riyadi |
---|---|
Format: | Proceeding application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Sains dan Matematika Universitas Kristen Satya Wacana
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/3116 |
Daftar Isi:
- Prosiding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains VIII “Pembelajaran Sains yang Menarik dan Menantang : sub-tema Memajukan Dukungan Sains dan Matematika pada Dunia Bisnis, Industri dan Pendidikan”, Fakultas Sains dan Matematika, UKSW Salatiga, 15 Juni 2013, Vol 4, No.1 : 74-79
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan peningkatan pemahaman keterampilan proses sains antara siswa yang mengikuti model pembelajaran JiTT dan pembelajaran konvensional pada materi hukum Newton. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain penelitian Randomized Control Group Pretest-Potstest Designdengan sampel eksperimen kelas VII di salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Indramayu. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan proses sains siswa setelah diterapkan model pembelajaran JiTT meningkat secara signifikan dilihat dari nilai gainnya. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh N-Gain keterampilan proses sains 0,56 untuk kelas yang menggunakan model pembelajaran JiTT dan 0,23 untuk kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran JiTT dapat lebih meningkatkan keterampilan proses sains siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.