Penggunaan Metode Fast Feedback Model “Masuk Barisan” Dalam Pembelajaran Fisika Tentang Gaya Lorentz Pada Penghantar Berarus Listrik

Main Authors: Sugiarti, Nanik, Sudarmi, Marmi, Pattiserlihun, Alvama
Format: Proceeding application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Sains dan Matematika Universitas Kristen Satya Wacana , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/3097
Daftar Isi:
  • Prosiding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains VII UKSW : Pemberdayaan Manusia dan Alam yang Berkelanjutan Melalui Sains, Matematika dan Pendidikan (The Human and Nature Sustainability Empowerment through Science, Mathematic and Education) Vol. 3 No.1 2012 p.333 – 343
  • Konsolidasi/pemantapan merupakan kegiatan akhir dalam proses pembelajaran, konsolidasi yang paling sering dilakukan oleh guru adalah memberi evaluasi. Masalahnya, koreksi guru hampir tidak pernah dilakukan pada saat itu juga dan seringkali dibawa pulang sehingga proses koreksi menjadi lama (slow feedback) apalagi dengan jumlah siswa yang banyak. Untuk mengatasi masalah tersebut, telah dikembangkan teori koreksi cepat yaitu fast feedback (umpan balik cepat). Kelebihan metode fast feedback yaitu kesulitan siswa dapat segera diketahui, sehingga guru dapat segera memperbaikinya dengan memberi pembelajaran pada saat itu juga. Tujuan penelitian ini adalah (i) Mengembangkan model fast feedback baru yaitu model “Masuk Barisan” (ii) Memberikan contoh metode tersebut dalam rencana pelaksanaan pembelajaran dan diuji cobakan keberhasilannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan guru sebagai peneliti. Setelah kartu tugas selesai dikerjakan, siswa mencocokkan jawaban mereka dengan opsi yang tersedia kemudian masuk barisan sesuai dengan opsi pilihan mereka. Jika prosentase siswa yang menjawab benar ≥ 70% siswa diberi kartu tugas tahap selanjutnya dan jika <70% diberi pembelajaran. Analisa dilakukan secara deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa metode fast feedback model “Masuk Barisan” berhasil memberikan umpan balik cepat (fast feedback) sehingga kesulitan siswa segera terdeteksi untuk kemudian diperbaiki dengan memberikan pembelajaran.