Penggunaan Metode Fast Feedback Model “Closed Eyes” Pada Pembelajaran Fisika Tentang Sifat Susunan Partikel Zat Padat, Zat Cair, Zat Gas
Main Authors: | Tijow, Meylani Aljeinie, Sudarmi, Marmi, Rondonuwu, Ferdy S. |
---|---|
Format: | Proceeding application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Sains dan Matematika Universitas Kristen Satya Wacana
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/3096 |
Daftar Isi:
- Prosiding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains VII UKSW : Pemberdayaan Manusia dan Alam yang Berkelanjutan Melalui Sains, Matematika dan Pendidikan (The Human and Nature Sustainability Empowerment through Science, Mathematic and Education) Vol. 3 No.1 2012 p.323 – 332
- Evaluasi bertujuan untuk melihat keberhasilan guru dalam mengajar dan siswa dalam belajar. Permasalahannya adalah guru sering terlambat mengetahui feedback siswa, membuat guru terlambat untuk memberikan perbaikkan jika ada siswa yang mengalami kesalahan sebelumnya. Untuk mengatasinya ada teori yang dikembangkan, yaitu fast feedback. Keunggulannya yaitu dalam waktu singkat, guru bisa mengetahui kesalahan siswa dan dapat segera memperbaikinya melalui pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan model baru dari metode fast feedback yaitu closed eyes pada materi sifat partikel zat padat, zat cair, zat gas. Kemudian diterapkan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan diujicobakan keberhasilannya. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas jenis guru sebagai peneliti. Sampel yang digunakan adalah 27 siswa. Setelah kartu tugas selesai dijawab oleh siswa, guru berkeliling dan memilih secara acak beberapa jawaban yang berbeda. Jawaban itu kemudian ditampilkan dengan LCD dan digunakan sebagai opsi untuk siswa lain. Dalam posisi menutup mata siswa mengangkat tangan ketika opsi yang sama dengan jawabannya disebutkan guru. Jika prosentase jawaban benar <70% maka dilakukan pembelajaran. Jika ≥70% dilanjutkan dengan kartu tugas selanjutnya. Analisa dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode fast feedback model closed eyes berhasil digunakan sebagai umpan balik untuk merespon kesulitan siswa dan efektif digunakan dalam proses belajar mengajar.