Analisis Pemecahan Masalah Matematika pada Mahasiswa Calon Guru Matematika dengan Tipe Kecerdasan Linguistik dan Logis-Matematis
Main Author: | Abimanyu, Stevanus Ade |
---|---|
Other Authors: | Pratama, Fika Widya |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2023
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.uksw.edu//handle/123456789/29666 |
Daftar Isi:
- Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa calon guru matematika dengan tipe kecerdasan linguistik dan logis-matematis pada materi peluang berdasarkan teori Polya. Terdapat 4 tahapan pemecahan masalah menurut Polya: memahami masalah, merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana, memeriksa kembali. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa calon guru matematika Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga yang memiliki kecerdasan linguistik dan logis-matematis. Pengumpulan data dilakukan pada Agustus-September 2022 di UKSW Salatiga, adapun instrumen pendukung yang digunakan yaitu angket kecerdasan majemuk, tes tertulis dan wawancara. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu subjek dengan kecerdasan linguistik dan logis-matematis hanya memenuhi 2 tahapan Polya, yaitu tahapan memahami masalah dan tahapan memeriksa kembali.
- This type of research is qualitative descriptive. The purpose of this research was to analyze the mathematical problem-solving abilities of prospective mathematics teacher students with linguistic and logical-mathematical intelligence types on probability material based on the Polya theory. There are 4 stages of problem solving according to Polya: understand the problem, devise a plan, carry out the plan, and look back. The subject in this research were Satya Wacana Christian University (SWCU) Salatiga math teacher candidates who have linguistic and logical-mathematical intelligence. Data collection was carried out in August-September 2022 at SWCU Salatiga, while the supporting instruments used were multiple intelligence questionnaires, written tests and interviews. Data validity test using technical triangulation. The results of this research are that subject with linguistic and logical-mathematical intelligence only fulfill 2 stages of Polya, there are understand the problem and look back.