Penggunaan Metode Fast Feedback Model “Masuk Barisan� dalam Pembelajaran Fisika tentang Gaya Lorentz pada Penghantar Berarus Listrik

Main Author: Sugiarti, Nanik
Other Authors: Sudarmi, Marmi, Pattiserlihun, Alvama
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Fisika FSM-UKSW , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2914
Daftar Isi:
  • Konsolidasi/pemantapan merupakan kegiatan akhir dalam proses pembelajaran, konsolidasi yang paling sering dilakukan oleh guru adalah memberi evaluasi. Masalahnya, koreksi guru hampir tidak pernah dilakukan pada saat itu juga dan seringkali dibawa pulang sehingga proses koreksi menjadi lama (slow feedback) apalagi dengan jumlah siswa yang banyak. Untuk mengatasi masalah tersebut, telah dikembangkan teori koreksi cepat yaitu fast feedback (umpan balik cepat). Kelebihan metode fast feedback yaitu kesulitan siswa dapat segera diketahui, sehingga guru dapat segera memperbaikinya dengan memberi pembelajaran pada saat itu juga. Tujuan penelitian ini adalah (i) Mengembangkan model fast feedback baru yaitu model “Masuk Barisanâ€� (ii) Memberikan contoh metode tersebut dalam rencana pelaksanaan pembelajaran dan diuji cobakan keberhasilannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan guru sebagai peneliti. Setelah kartu tugas selesai dikerjakan, siswa mencocokkan jawaban mereka dengan opsi yang tersedia kemudian masuk barisan sesuai dengan opsi pilihan mereka. Jika prosentase siswa yang menjawab benar ≥ 70% siswa diberi kartu tugas tahap selanjutnya dan jika <70% diberi pembelajaran. Analisa dilakukan secara deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa metode fast feedback mode “Masuk Barisanâ€� berhasil memberikan umpan balik cepat (fast feedback) sehingga kesulitan siswa segera terdeteksi untuk kemudian diperbaiki dengan memberikan pembelajaran.