Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran Matematika
Main Author: | Phasa, Kartika Cahaya |
---|---|
Other Authors: | Wardani, Krisma Widi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2023
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.uksw.edu//handle/123456789/28648 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penelitian-penelitian sebelumnya yang di publikasi sehingga mendapatkan sebuah rangkuman terkait keberhasilan penelitian problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajran matematika. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan Teknik meta analisis. Adapun Langkah meta analisis anatara lain, (1) Menentukan dan mempelajarai topik penelitian yang akan dilakukan, (2) Mencari dan mengumpulkan beberapa sumber dengan topik tertentu dan menyeleksi. Pencarian literatur dapat dilakukan secara manual maupun melalui sumber internet atau situs web, (3) Menghitung seberapa besar dampak yang timbul dengan model tertentu dalam meta analisis dan diuji hipotesiskan terhadap dampak yang ditimpulkan, (4) Mengidentifikasi ada tidaknya perbedaan dampak yang ditimbulkan terhadap subjek, (5) Menarik kesimpulan dan menginterpretasi hasil penelitian meta analisis. hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa model problem based leraning dapat meningkatkan proses berfikir kritis siswa pada pembelajaran matematika. Hasil tersebut dapat dilihat dari hasil pretest dan postest dengan rata-rata 0.15% masuk dalam katagori Week Effect.