Pembelajaran IPS Dalam Jaringan (Daring) di Tengah Pandemi Covid-19 pada Siswa SMPN 3 Tuntang

Main Author: Sugianto, Daniel
Other Authors: Wuryani, Emy
Format: Thesis application/pdf Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2023
Subjects:
Online Access: https://repository.uksw.edu//handle/123456789/28560
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Google Classroom, WhatsApp, Google Meet dan Zoom dalam pembelajaran IPS secara jaringan (Daring). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan menggunakan member check. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan aplikasi Google Classroom, WhatsApp, Google Meet, dan Zoom untuk sarana pembelajaran lebih praktis dan mudah untuk diakses menunjukan keefektifannya. Kelebihan pembelajaran dalam jaringan (Daring) yaitu dapat mengasah kemampuan guru sehingga tidak buta teknologi. Selain itu pembelajaran dalam jaringan (Daring) juga menghemat kertas, karena semua pembelajaran dilakukan secara paperless ( bebas kertas). Salah satu hambatan yang ditemukan adalah masalah sinyal yang tidak mendukung untuk menjangkau seluruh tempat tinggal siswa, dalam metode pembelajaran daring siswa kurang efektif karena memiliki kendala, seperti materi yang sulit dipahami karena tidak ada bimbingan langsung dari guru.