Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Tentang Pencegahan Virus COVID-19 Menggunakan Unity
Main Author: | Subamurti Adi, Joshua Nico |
---|---|
Other Authors: | Suprihadi |
Format: | Thesis application/pdf Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2023
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.uksw.edu//handle/123456789/28414 |
Daftar Isi:
- Pada awal tahun 2020, dunia digemparkan dengan menyebarnya virus baru bernama coronavirus (SARS-CoV-2) dan penyakitnya disebut COVID-19. Indonesia adalah salah satu negara yang terdampak oleh COVID-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang sebuah game edukasi sederhana berbasis android yang dikembangkan menggunakan Unity berjudul “Beat The Covid” untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pencegahan COVID-19. Metode Penelitian yang digunakan adalah Model ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Melalui pengujian dan penilaian yang dilakukan oleh 40 orang responden, Game “Beat The Covid” berhasil memperoleh presentase nilai sebesar 95,5% dan masuk ke dalam kategori Sangat Layak untuk dimainkan. Dapat diambil kesimpulan bahwa Game “Beat The Covid” sudah memberikan manfaat dan edukasi yang cukup kepada pengguna.