Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 5 SD 2 Sukodono

Main Author: Rizkiyani, Vina
Other Authors: Kristin, Firosalia
Format: Thesis application/pdf Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://repository.uksw.edu//handle/123456789/27969
Daftar Isi:
  • Rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memahami materi berpengaruh pada hasil belajar yang diharapkan. Hasil belajar IPS siswa kelas 5 SD dapat dikategorikan cukup baik. Namun, kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPS masih dianggap kurang baik dan mengalami kesulitan karena pembelajaran IPS sebelumnya dilakukan secara daring sehingga tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar IPS siswa kelas 5 SD. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu (quasi experimental research). Metode penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Istrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes bentuk soal pilihan ganda dan lembar observasi. Teknik hasil analisis dan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji Independent Sample T-Test dengan nilai signifikansi (sig.2-tailed) memiliki nilai 0,000 yang artinya < 0,05. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode pembelajaran mind mapping lebih unggul secara signifikan dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional.