Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar pada Siswa SMP
Main Author: | Christy, Zefanya Amarya |
---|---|
Other Authors: | Soetjiningsih, Christiana Hari |
Format: | Thesis application/pdf Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.uksw.edu//handle/123456789/27616 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar pada siswa SMP. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik sampling yang digunakan yaitu, nonprobability sampling dengan sampel jenuh. Pengambilan data pada penelitian ini melibatkan 153 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Katingan Hilir. Pengumpulan data menggunakan skala Academic Motivation Scale (AMS) yang dikembangkan oleh Deci dan Ryan serta skala dukungan sosial menggunakan social provisions scale yang dikembangkan oleh Russell dan Cutrona yang disebarkan melalui bantuan google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah rank spearman. Hasil analisis data menunjukkan bahwa koefisien korelasi sebesar 0,537 dengan nilai sig. 0,000 (p<0,05). Menunjukkan bahwa adanya hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar.
- This study aims to determine the relationship between peer social support and learning motivation in junior high school students. This research method uses a quantitative approach and the sampling technique used is non-probability sampling with a saturated sample. Data collection in this study involved 153 class VIII students of SMP Negeri 1 Katingan Hilir. Data collection uses the Academic Motivation Scale (AMS) scale developed by Deci and Ryan and the social support scale uses the social provisions scale developed by Russell and Cutrona which is distributed through google forms. The data analysis technique used is Spearman rank. The results of data analysis show that the correlation coefficient is 0.537 with a sig value. 0.000 (p<0.05). This study shows that there is a positive and significant relationship between peer social support and learning motivation.