Pengembangan Reading Domino sebagai Media Belajar Membaca Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun

Main Author: Batmanlusy, Dian Erilya
Other Authors: Kurniawan, Mozes
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://repository.uksw.edu//handle/123456789/27376
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media reading dominosebagai media belajar membaca bahasa Inggris pada anak usia dini 5-6 tahun di TK B Lab Kristen Satya Wacana. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan dengan mengacu pendapat Borg dan Gall. Produk yang dikembangkan berdasarkan penelitian ini adalah media reading dominoyang berisi materi media belajar membaca bahasa Inggris bagi anak. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa TK B Lab Kristen Satya Wacana. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara untuk mendapatkan informasi. Data dianalisis secar deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada uji validitas media reading dominosebagai media belajar membaca bahasa Inggris pada anak usia 5-6 tahun termasuk dalam kategori “sesuai” dengan sedikit perbaikan yang dilakukan dalam tahap revisi dan uji validitas media untuk materi termasuk dalam kategori “sangat sesuai” dengan sedikit perbaikan yang dilakukan dalam tahap revisi. Dengan demikian, media reading dominosebagai media belajar membaca bahasa Inggris dapat digunakan untuk tahap selanjudnya yaitu tahap uji coba produk.