Strategi Branding Akun Instagram @Explorejogja Sebagai Referensi Wisata

Main Author: Pingtada, Puspa Zoya
Other Authors: Wiloso, Pamerdi Giri, Krisnawati, Ester
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://repository.uksw.edu//handle/123456789/27322
Daftar Isi:
  • Akun @explorejogja adalah akun instagram yang menjadi media berbagi infomasi dalam bentuk gambar dan video tempat-tempat wisata yang terletak di Yogyakarta. Akun @explorejogja tidak hanya menampilkan gambar dan video saja, melainkan juga mencantumkan lokasi dari tempat wisata serta keterangan yang mendeskripsikan tempat wisata yang diunggahnya. Tujuan utama dari akun @explorejogja adalah untuk memperkenalkan wisata di kota Yogyakarta yang umumnya diketahui hanya Malioboro, Taman Sari, Keraton, Candi Prambanan, atau Candi Ratu Boko, sedangkan Jogja juga memiliki keindahan alam yang sebagian belum diketahui banyak orang. Selain itu akun tersebut juga mengenalkan pengguna instagram, photographer, atau flashmaker yang memiliki keahlian foto yang bagus dengan mengunggah hasil foto yang mereka ambil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi branding yang dilakukan oleh akun Instagram @explorejogja sebagai akun referensi wisata di Jogja. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa strategi branding yang dilakukan oleh akun @explorejogja adalah (1) Menampilkan konten foto atau video dengan kualitas yang bagus selain itu akun @explorejogja juga aktif mengunggah konten di akun mereka, (2) Menulis caption yang interaktif dan informatif, (3 )Menggunakan hashtag dan menandai (@) akun tempat wisata yang diunggah, (4) Melakukan pengaturan waktu posting.