Motif dan Kepuasan Penonton pada Tayangan Program Acara “Islam Itu Indah� di TRANSTV Periode April 2012 Studi Kuantitatif pada Mahasiswa KMIS (Keluarga Mahasiswa Islam Satya Wacana) Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga

Main Author: Fuji, Adventius
Other Authors: Suwartiningsih, Sri, Sumtaky, Erikson
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Komunikasi FISKOM-UKSW , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2731
Daftar Isi:
  • “Islam Itu Indah TRANSTVâ€� merupakan program acara talk show religi yang populer, karena acara tersebut selalu berada di dalam rating tertinggi menurut AGB Nielsen Media Research dalam kategori program talk show. Universitas Kristen Satya Wacana yang berada di bawah naungan yayasan Kristen, memiliki sebuah organisasi muslim yang bernama Keluarga Mahasiswa Islam Satya Wacana (KMIS). Dalam hasil penelitian, diperoleh data bahwa organisasi tersebut memiliki kebiasaan dalam menonton program talk show bertema religi, yaitu Islam Itu Indah. Sehingga dari hasil pra penelitian tersebut, maka muncul pertanyaan “Motif apakah yang mendasari mahasiswa anggota KMIS dalam menonton tayangan program acara “Islam Itu Indahâ€�? “Kepuasan apakah yang diperoleh mahasiswa anggota KMIS setelah menikmati tayangan program acara “Islam Itu Indahâ€�? serta Bagaimana hubungan antara pemenuhan kepuasan yang dicari dan kepuasan yang diperoleh mahasiswa anggota KMIS UKSW terhadap tayangan program acara “Islam itu Indahâ€�? Peneliti ingin mengetahui motif dan jenis kepuasan yang diperoleh, serta hubungan antara pemenuhan kepuasan yang dicari dan kepuasan yang diperoleh anggota KMIS dalam menonton program acara Islam Itu Indah. Peneliti menggunakan metode sensus dalam penelitian ini, karena jumlah populasi anggota KMIS yang hanya berjumlah 75 orang dengan membagikan kuesioner. Peneliti akan mengklasifikasikan penonton, yaitu penonton aktif, pasif, dan momental, sehingga klasifikasi tersebut dapat dianalisis menggunakan teori uses dan gratifications untuk melihat motif dan jenis kepuasan, serta hubungan antara pemenuhan kepuasan yang dicari dan kepuasan yang diperoleh dengan uji anova. Dari hasil penelitian maka diperoleh hasil bahwa penonton aktif, pasif, dan momental memiliki motif tertinggi yang sama, yaitu motif hiburan. Pemenuhan kepuasan penonton aktif, puas akan hiburan, integrasi dan interaksi sosial, tetapi informasi tidak puas. Untuk penonton pasif, puas akan hiburan, informasi, tetapi integrasi dan interaksi sosial tidak puas. Sedangkan untuk penonton momental, puas akan hiburan, tetapi integrasi dan interaksi sosial serta informasi tidak puas. Hubungan antara gratification sought dengan gratification obtained dalam variabel informasi, integrasi dan interaksi sosial, serta hiburan, ketiganya memiliki hubungan yang lemah. Namun, meskipun lemah untuk hubungan antara gratification Sought dengan gratification obtained hiburan memiliki hubungan yang paling erat.
  • “Islam Itu Indah TRANSTVâ€� is a talk show of religion program where itâ€TMs a popular program, because the program always on the highest on talk show program category according to AGB Nielsen Media Research. Satya Wacana Christian University, beneath of a Christian intitute, has a moeslim organization is called Keluarga Mahasiswa Islam Satya Wacana (KMIS). In the research, was gained that the organization has a habit on watching a talk show program of religion, Islam Itu Indah. With the result that, so there are some questions “What motives serve as a basis for watching “Islam Itu Indahâ€� program to student of KMISâ€TMs member ? “What satisfaction is been get by student of KMISâ€TMs member after they were watching “Islam Itu Indahâ€� program ? and “How relationship between gratification sought and gratification sought to student of KMISâ€TMs member for watching “Islam Itu Indahâ€� program ?â€� Researcher want to know about motives and kind of satisfactionâ€TMs result, and the relationship between gratification sought and gratification sought to “Islam Itu Indahâ€� program to student of KMISâ€TMs member for watching “Islam Itu Indahâ€� program. Researcher used a census method on this research, because a number of population KMISâ€TMs member only 75 person with shared a survey item. Researcher would classify the watcher, itâ€TMs active watcher, passive, and momentous, until the classification can be analyzed use uses and gratification theory to observe motives and kind of satisfaction, and the relationship between gratification sought and gratification obtained with anova analysis. From the result of research, then it has been gotten that active watcher, passive, and momentous have the same in highest motive, entertaintment motive. Gratification soughtâ€TMs active watcher on itâ€TMs variable, is satisfaction with entertaintment, integration and social interaction, but information is not. For passive watcher, is satisfaction with entertaintment, information, but integration and social interaction is not. Whereas, for momentous watcher, is satisfaction with entertaintment, but integration and social interaction and information is not. The relationship between gratification sought and gratification obtained on information, integration and social interaction, and entertaintment variabel, all of them have a weak relation. However, although on the weak relation for the relationship between gratification sought and gratification obtained for entertaintment variabel have a closer relation.