Pola Komunikasi Merchant Engagement Gofood dengan Mitra Gofood
Main Author: | Tumiwa, Gabriel Georgio Theofilus |
---|---|
Other Authors: | Krisnawati, Ester, Herwandito, Seto |
Format: | Thesis Book application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.uksw.edu//handle/123456789/26969 |
Daftar Isi:
- Gojek (PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa) merupakan aplikasi berbasis online untuk pelayanan jasa aplikasi tersebut dibentuk dengan tujuan untuk membantu memudahkan masyarakat dalam memenuhi kehidupan sehari – hari. Dalam Gojek ada pelayanan jasa dibidang kuliner yaitu Gofood, Gofood merupakan pelayanan jasa bidang kuliner yang berbasis online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi merchant engagement Gofood dengan mitra Gofood yang terjadi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di wilayah Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia. Unit analisa pada penelitian ini yaitu pola komunikasi merchant engagement Gofood dengan mitra Gofood. Unit amatan dalam penelitian ini adalah merchant engagement Gofood yang sedang berkomunikasi dengan mitra Gofood. Sumber dan jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisa data secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pola komunikasi yang terjadi pada kegiatan farming yang dilakukan terhadap mitra Gofood terbentuk dua pola komunikasi, yang pertama pola komunikasi rantai dan yang kedua pola komunikasi lingkaran. Pola komunikasi rantai terjadi apabila dalam kegiatan farming hanya sampai pada tahap penanganan masalah melalui call center Gofood. Tetapi apabila farming dilanjutkan ke tahap – tahap berikutnya sampai pada tahap farming secara langsung, maka yang terbentuk adalah pola komunikasi lingkaran. Dari pola komunikasi keseluruhannya mulai dari tahap awal hingga sampai pada tahap akhir yaitu tahap farming secara langsung terbentuk pola komunikasi lingkaran.
- Gojek (PT. Karya Anak Bangsa Application) is an online-based application for application services. The application was formed with the aim of helping people to fulfill their daily lives. In Gojek, there are services in the culinary field, namely Gofood, Gofood is an online-based culinary service. The purpose of this study was to find out the communication patterns of Gofood's merchant engagement with Gofood partners that occurred. This type of research is qualitative research. The location of the research was carried out in the area of Central Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia. The unit of analysis in this study is the communication pattern of Gofood's merchant engagement with Gofood partners. The unit of observation in this research is Gofood's merchant engagement who is communicating with Gofood partners. Sources and types of data in this study are primary data and secondary data. Data collection techniques were carried out by means of observation, interviews, documentation, and literature study. Qualitative data analysis techniques. The results of this study indicate that the communication pattern that occurs in farming activities carried out with Gofood partners is formed by two communication patterns, the first is the chain communication pattern and the second is the circle communication pattern. The chain communication pattern occurs when farming activities only reach the stage of handling problems through the Gofood call center. But if farming is continued to the next stages up to the farming stage directly, then what is formed is a circular communication pattern. From the overall communication pattern starting from the initial stage to the final stage, namely the farming stage, a circle communication pattern is formed directly.