Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Berkunjung yang Dimediasi oleh Citra Destinasi pada Dusun Semilir Ecopark
Main Author: | Ayuningtyas, Anita |
---|---|
Other Authors: | Silintowe, Yunita Budi Rahavu |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.uksw.edu//handle/123456789/26936 |
Daftar Isi:
- Salah satu sektor industri yang memberikan kontribusi positif saat ini yaitu sektor pariwisata. Salah satu daya tarik wisatawan berkunjung pada suatu destinasi wisata yaitu bagaimana suatu objek wisata tersebut menawarkan keindahan alam serta spot spot foto yang instagramable. Ditemukan bahwa terdapat beberapa faktor yang mendorong seseorang untuk melakukan wisata yaitu lingkungan yang aman dan nyaman, menawarkan tempat yang menyenangkan, tempat yang menarik, adanya atraksi, serta pemandangan yang indah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan berkunjung yang dimediasi oleh citra destinasi. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu judgemental sampling terhadap 186 pengunjung objek wisata Dusun Semilir Ecopark. Teknik path analysis melalui IBM Statistics SPPS 16.0 dilakukan untuk menganalisa data pada penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa e-wom berpengaruh signifikan terhadap citra destinasi, e-wom berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung, citra destinasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung, serta terdapat pengaruh secara signifikan e-wom terhadap keputusan berkunjung yang dimediasi melalui citra destinasi.
- One of the industrial sectors that is making a positive contribution at this time is the tourism sector. One of the attractions of tourists visiting a tourist destination is how a tourist attraction offers natural beauty and instagramable photo spots. It was found that there are several factors that encourage a person to travel, which is a safe and comfortable environment, offering a pleasant place, an interesting place, the presence of attractions, and beautiful scenery. This study aims to determine the effect of electronic word of mouth on visiting decisions mediated by destination images. The sampling technique used in this research is judgmental sampling of 186 visitors of the Semilir Ecopark tourist attraction. Path analysis technique through IBM Statistics SPPS 16.0 is done to analyze the data in this study. Based on the research results, it can be concluded that e-wom has a significant effect on destination image, e-wom has a significant effect on visiting decisions, destination image has a significant effect on visiting decisions, and there is a significant influence on e-wom on visiting decisions mediated through destination images.