Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD N 02 Karangrejo Kecamatan Selomerto Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2011/2012
Main Author: | Mandrasari, Ika |
---|---|
Other Authors: | Mulyani, Petra Kristi, Slameto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2659 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode eksperimen berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV di SD N 02 Karangrejo Kecamatan Selomerto Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SD N 02 Krasak, SD N 02 Karangrejo dan SD N Kecis Kec.Selomerto Kab.Wonosobo pada kelas IV semester II tahun pelajaran 2011/2012. SD N 02 Krasak sebagai SD uji validitas angket keaktifan. SD N 02 Karangrejo sebagai SD yang mendapatkan perlakuan menggunakan metode eksperimen. SD N Kecis sebagai kelompok kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 12 orang siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, angket keaktifan dan lembar observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis statistic deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, uji hipotesis, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh keaktifan untuk pembelajaran yang diawal proses dengan metode eksperimen. Dengan hasil 12 siswa kelas eksperimen (100%) telah mendapatkan skor keaktifan dalam kategori sangat aktif (≥75%). Dan hasil belajar dengan menggunakan metode eksperimen 10 siswa di kelas eksperimen (83,3%) telah mendapatkan nilai diatas kategori cukup (≥60). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD N 02 Karangrejo Kecamatan Selomerto Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2011/2012.