“Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Minat Beli Mie Sedaap� (Survey pada Iklan Mie Sedaap dengan Celebrity Endorser Edwin Lau)

Main Author: Sunny Sugiarto, Yustinus
Other Authors: Sirine, Hani
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Manajemen FEB-UKSW , 2013
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2606
Daftar Isi:
  • Dalam memasarkan suatu produk dibutuhkan cara yang jitu untuk mengkomunikasikan kepada produk tersebut kepada konsumen. Dengan tujuan konsumen memperoleh informasi tentang produk tersebut. Salah satunya adalah dengan cara membuat iklan tentang produk tersebut, dimana iklan berperan penting dalam memasarkan suatu produk. Iklan akan lebih efektif dalam mempengaruhi minat beli konsumen apabila didukung dengan pemilihan bintang iklan yang tepat untuk mengkomunikasikan produk. Seperti yang dilakukan oleh PT. Wings Group dalam mengkomunikasikan salah satu produknya yakni mie sedaap dengan menggaet salah seorang pakar dalam mengolah makanan yang memiliki prestasi di bidangnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan celebrity endorser terhadap minat beli pada iklan Mie Sedaap serta mengetahui mana yang paling berpengaruh diantara Visibility (kepopuleran), Credibility (kredibilitas), Attractiveness (daya tarik), dan Power (kekuatan) yang merupakan variabel celebrity endorser. Penelitian ini mengambil 150 responden dan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Secara simultan variabel Visibility (kepopuleran), Credibility (kredibilitas), Attractiveness (daya tarik), dan Power (kekuatan) berpengaruh signifikan terhadap minat beli. 2. Secara parsial hanya ketiga variabel saja yang berpengaruh signifikan terhadap minat beli, yakni Variabel kepopuleran (Visibility), kredibilitas (Credibility), dan kekuatan (Power). Sedangkan variabel daya tarik (Attractiveness) tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli. 3. Variabel kekuatan (Power) mempunyai pengaruh dominan terhadap minat beli.
  • In marketing a product needed a surefire way to communicate this products to consumers. In order that consumers can obtain information about the product. One of them is create an advertising about the product, where advertising plays an important role in marketing a product. Advertising will be more effective in influencing consumer buying interest when supported by proper selection of commercials to communicate the product. As practiced by PT. Wings Group in communicating that one of its products to rake in one noodles Sedaap an expert in food processing with a proven record in their field. The purpose of this study was to analyze the effect of the use of celebrity endorser of buying interest in Mie Sedaap advertising as well as knowing where the most influential among visibility, credibility, attractiveness, and power which is a variable celebrity endorser. The study took 150 respondents and used judmental sampling method. The results showed that simultaneously variable visibility, attractiveness, credibility, power significantly influence the buying interest. Partially only three variables that significantly influence the buying interest, that is Visibility, credibility, and the power. While the attractiveness variable did not significantly influence the buying interest. Variable power has a dominant influence on buying interest.