Peningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Melalui Penerapan Problem-Based Learning dalam Pembelajaran Matematika

Main Author: Wahyudi
Format: Article application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi PGSD FKIP-UKSW , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2595
Daftar Isi:
  • Scholaria : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 1, No. 1, Mei 2011, p. 112-154
  • Soal cerita menjadi masalah besar bagi siswa Sekolah Dasar khususnya dalam mata pelajaran matematika. Tetapi pembelajaran yang menumbuhkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, mengubah kalimat dalam soal cerita dalam bentuk kalimat matematika kurang begitu diperhatikan. Hal ini mengakibatkan anak tidak terbiasa untuk berpikir kritis, bagaimana mencari bahkan menyelesaikan persoalan dalam pelajaran secara tepat, teliti dan teratur sesuai dengan aturan logika yang sesuai dengan pemikiran atau realitas. Kebiasaan inilah yang membuat siswa mempunyai daya nalar yang rendah dan logika matematika yang sangat rendah yang menyebabkan hasil belajar matematika siswa rendah. Tulisan ini akan memberikan wacana tentang pembelajaran yang mengupayakan peningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika melalui penerapan problem-based learning. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan problem-based learning dalam pempelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Peningkatan itu terlihat dari kemampuan siswa menggunakan logika/penalarannya secara benar dalam mengerjakan soal cerita, sehingga siswa mampu memahami, merencanakan penyelesaian, dan menyelesaikan soal dengan langkah dan aturan yang benar sehingga hasil belajar siswa meningkat. Dari total nilai yang didapat, siswa dengan nilai ≥ 70 pada kondisi awal ada 8 siswa (30,77%) dengan mean 62,20 meningkat menjadi 26 siswa (100%) dengan mean 88,34. Keberhasilan tersebut karena adanya perubahan pada partisipasi/keterlibatan siswa secara aktif dalam pembelajaran, yang sudah mampu mengidentifikasi masalah dan menggali sumber informasi yang relevan, belajar mandiri, menyelidiki & menginterpretasi informasi yang terkumpul, memprioritaskan beberapa alternatif solusi masalah, mengintegrasikan pendapat atau data informasi untuk menyeleksi solusi masalah.