Hubungan antara Dukungan Sosial Orangtua dengan Motivasi Belajar Siswa SMK Negeri 2 Salatiga Kelas XI JURUSAN Teknik Kendaraan Ringan (TKR) A&B

Main Author: Sumahi, Riston
Other Authors: Soetjiningsih, Christiana Hari
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://repository.uksw.edu/handle/123456789/25872
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan motivasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 2 Salatiga kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) A dan B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah partisipan 66 siswa dan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik saturation sampling. Analisis data menggunakan teknik korelasi produk momen dan Pearson. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat hubungan positif signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan motivasi belajar siswa dengan nilai kofisien korelasi (r) 0,429 dan nilai signifikan 0,000 (p<0,05). Artinya makin tinggi dukungan sosial orangtua maka makin tinggi motivasi belajar dan sebaliknya.
  • This study aims to determine the relationship between social support parents with the students' motivation. The subjects were students of SMK Negeri 2 Salatiga XI Lightweight Vehicle Engineering department (LVE) A and B. This study uses a quantitative approach with a participation rate of 66 students and a sampling technique used is the saturation sampling technique. Data analysis using product moment correlation technique and Pearson. These results indicate there is a significant positive relationship between social support parents with the students' motivation to the value of the correlation coefficient (r) of 0.429 and a significant value of 0.000 (p <0.05). This means that the higher the social support parents so the higher the motivation to learn and vice versa.