Hubungan Antara Pola Asuh Permissive Indulgent Orang Tua dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ngablak
Main Author: | Hardina, Ardin |
---|---|
Other Authors: | Sutriyono, Alfriani, Silvia |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2573 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh permissive indulgent orang tua dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngablak. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngablak yang berjumlah 109 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket Pola Asuh Permissive Indulgent yang disusun berdasarkan teori indikator pola asuh menurut Baumrind (2002). Analisis penelitian hubungan antara pola asuh permissive indulgent orang tua dengan prestasi belajar matematika siswa menggunakan korelasi Pearsonâ€TMs product moment. Hasil analisis diperoleh nilai koefisien sebesar – 0,286 dengan p=0,001 < 0,05 dan =0,818 yang menunjukkan bahwa pola asuh Permissive Indulgent orang tua memberikan sumbangan sebesar 8,18% terhadap prestasi belajar matematika siswa dan sisanya 91,82% berasal dari faktor diluar pola asuh Permissive Indulgent orang tua. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi negatif dan signifikan antara pola asuh permissive indulgent orang tua dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngablak, dimana semakin tinggi pola asuh permissive indulgent orang tua maka semakin rendah prestasi belajar matematika siswa dan sebaliknya semakin rendah pola asuh permissive indulgent orang tua maka semakin tinggi prestasi belajar matematika siswa.