Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Modul Berbasis CTL Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 1 Bawen Tahun Pelajaran 2011/2012
Main Author: | Marthatika, Dini |
---|---|
Other Authors: | Kriswandani, Budiono, Inawati |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2571 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar berupa modul berbasis Contekstual Teaching Learning (CTL) terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 1 Bawen. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu karena tidak dapat melakukan kontrol terhadap variabel luaran yang mungkin berpengaruh terhadap variabel yang dibahas. Hasil yang di dapat ialah rata – rata hasil belajar siswa sebelum di terapkan modul berbasis Contekstual Teaching Learning (CTL) yaitu 6,97 dan setelah diterapkan modul yang berbasis Contekstual Teaching Learning (CTL) rata – rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 7,50. Hasil uji t didapat bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sebelum diterapkan dan sesudah diterapkan modul yang berbasis Contekstual Teaching Learning (CTL), maka dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan bahan ajar modul berbasis CTL terhadap hasil belajar. Bahan ajar berupa modul berbasis CTL menjadikan siswa lebih giat dalam mengerjakan soal – soal, siswa menjadi lebih paham dengan isi materi, siswa lebih giat mengerjakan PR. Kesimpulannya rata – rata hasil belajar siswa setelah diterapkan modul berbasis Contekstual Teaching Learning (CTL) lebih baik dibandingkan sebelum diterapkan modul, sehingga modul ini layak dan efektif digunakan.