Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Materi Logika Matematika Siswa Kelas X Akuntansi 1 di SMK Negeri 1 Salatiga Semester II Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: Nursaid, Aris
Other Authors: Sutriyono, Kriswandani
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2570
Daftar Isi:
  • Model pembelajaran merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Di SMK Negeri 1 Salatiga kelas X Akuntansi masih menggunakan model belajar konvensional, dimana guru lebih aktif daripada siswa. Siswa yang kurang aktif menjadikan siswa tersebut merasakan bosan sehingga hasil belajar siswa rendah. Mengatasi masalah tersebut maka dilakukan perbaikan dalam model pembelajaran agar siswa lebih aktif, salah satunya dengan model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model Pembelajaran Koopertif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar matematika bagi siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Salatiga Semester II Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dengan langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw pada materi logika matematika di kelas X Akuntansi 1 di SMK Negeri 1 Salatiga semester II tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini terlihat pada kondisi awal yang menunjukan bahwa prosentasi hasil belajar siswa hanya 28% siswa yang tuntas, pada siklus I menjadi 89%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Hal tersebut dapat disimpulan bahwa menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Salatiga