Meta Analisis Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar
Main Author: | Ruli, Efrianus |
---|---|
Other Authors: | Indarini, Endang |
Format: | Thesis Book application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.uksw.edu/handle/123456789/25651 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar dengan metode meta analisis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta analisis. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berupa artikel publikasi ilmiah seperti jurnal berskala nasional di Indonesia tentang penggunaan model Problem Based Learning antara tahun 2012 – 2021. Sampel yang digunakan berupa artikel ilmiah Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini memperoleh nilai pretest dan posttest memiliki selisih rerata sebesar 19,29%. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,200 > 0,05 yang artinya data terdistribusi normal. Hasil homogenitas dari nilai signifikansi yaitu 0,246 > 0,05 menunjukkan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis memiliki variasi sama atau homogen. Hasil linieritas skor pretest dan posttest model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis mendapatkan nilai signifikansi 0.950 > 0,05 yang dapat disimpulkan bahwa skor pretest dan posttest mempunyai hubungan yang linear. Hasil uji Ancova membuktikan bahwa f hitung > f tabel yaitu 7,376 > 3,554 dan signifikansi 0,001 < 0,05 yang berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan data yang telah diperoleh membuktikan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh besar pada kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika.