Peningkatan Konsep Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas X-3 SMA Kristen 1 Salatiga
Main Author: | Kristianto, Dwi |
---|---|
Other Authors: | Loekmono, J.T. Lobby |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP-UKSW
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2536 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan dalam bentuk eksperimen yang dilaksanakan pada tanggal 10 Juni 2012 sampai dengan 10 Juli 2012. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi peningkatan konsep diri melalui layanan bimbingan kelompok. Kelompok eksperimen dan kelompok kontrol mempunyai anggota masing-masing 9 orang siswa. Alat ukur variabel konsep diri yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tennesse self concept scale. Analisis data untuk melihat peningkatan konsep diri melalui layanan bimbingan kelompok dengan mengunakan Two Insependent Sample Test (Mann - Whitney Test) pre test mean kelompok eksperimen sebesar 9.94, sedangkan mean kelompok kontrol sebesar 9.06 dengan p= 0.723>0,050 . Hasil data yang diperoleh sesudah eksperimen (post test) diperoleh mean kelompok eksperimen sebesar 14.00 dan mean kelompok kontrol sebesar 5.00 dengan P= 0.000>0,050, sehingga ada peningkatan yang signifikan konsep diri pada siswa kelas kelas X-3 SMA KRISTEN 1 SALATIGA melalui layanan bimbingan kelompok. Sehingga penelitian inni menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan konsep diri siswa.